Malang - Pemerintah Kota Malang, Jawa Timur, sudah menyiapkan 32 vaksinator atau tenaga medis yang menyuntikkan vaksin Covid-19.

Puluhan vaksinator itu ditempatkan di 16 puskesmas di Kota Malang. Sehingga, setiap puskesmas memiliki dua vaksinator.

"Sementara berarti 32 vaksinator di puskesmas. Sementara yang dilaporkan ke kami itu," kata Wali Kota Malang Sutiaji di Balai Kota Malang, Rabu (13/1/2021).

Jumlah vaksinator itu dipastikan masih akan bertambah. Sebab, sampai sejauh ini sudah ada 76 fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) di Kota Malang yang disiapkan untuk vaksinasi. Sementara itu, vaksinasi di Kota Malang akan berlangsung pada Februari 2021. Sebab, pelaksanaan vaksinasi tahap pertama di Kota Malang mendapat giliran termin kedua, setelah Kota Surabaya yang berada di termin pertama.

"Vaksinasi untuk Kota Malang sesuai dengan surat dari Kemenkes, telah disampaikan oleh provinsi. Jadwalnya Kota Malang adalah Februari. Jadi di tahap pertama termin kedua," katanya.

Jumlah vaksin untuk Kota Malang sebanyak 12.900 dosis. Vaksin itu akan disuntikkan kepada 6.450 tenaga medis yang menjadi sasaran vaksinasi di tahap pertama. Sebelum dilaksanakan vaksinasi tahap pertama, vaksinasi di Kota Malang rencananya akan dilaksanakan secara simbolik kepada 10 tokoh yang telah dipilih. Terdiri dari tokoh agama, tokoh masyarakat, kalangan profesional, tenaga kesehatan dan Forkopimda (tim/mrk).