Batu - Kota Batu terus melengkapi fasilitas bagi penyandang disabilitas, seperti ubin pemandu atau penanda jalan (Guiding Block) di trotoar.

Kepala Dinas PUPR Kota Batu Alfi Nurhidayat, mencatat dari seluruh pembangunan trotoar jalan di Kota Batu, baru 30 persen yang sudah memiliki guiding block untuk penyandang tunanetra.

"30 persen trotoar yang memiliki guiding block saat ini baru ada di beberapa jalan protokol, kami targetkan tahun depan sudah diangka 50 persen untuk pembangunan guiding block di Kota Batu," ujarnya, Selasa (22/12/2020).

Untuk merealisasikan targetnya Dinas PUPR Kota Batu, mengajukan peningkatan anggaran sebesar Rp6 Miliar untuk fasilitas trotoar dengan guiding block, agar semua lapisan masyarakat mendapatkan fasilitas dan pelayanan yang sama.

Sementara itu, Paulus Andik Dwi Cahyono sebagai pembina Shining Tuli Kota Batu, menuturkan terkait akses bagi disabilitas masih sangat kurang maksimal.

"Menurut saya trotoar dengan penanda masih kurang, hanya di jalan protokol, sedangkan temen-temen disabilitas juga membutuhkan di tempat-tempat umum seperti Hotel dan Perkantoran", ujar Paulus. (nas/mrk)